Tips Merawat Anak Hamster



Memelihara dan merawat hamster sebenarnya tergolong sederhana dan mudah jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Selain itu, budget yang dibutuhkan juga terbilang minim sesuai dengan ukuran mereka yang juga mini. Meski demikian, tetap ada beberapa aturan yang penting untuk diterapkan. Misalnya komposisi dan jenis makanan, perlengkapan seperti kandang dan lainnya. Perhatian ekstra juga harus Anda berikan jika Anda baru saja mendapatkan anak hamster. Sebab, di usia mereka, masih rentan dengan beberapa hal. Sama seperti anak manusia, anak hamster juga memerlukan penanganan khusus. Tapi semuanya cukup sederhana jika Anda tahu dengan benar caranya. Berikut beberapa tips merawat anak hamster yang bisa Anda terapkan.

Singkirkan Hal Yang Berpotensi Membahayakan

Di usianya yang masih muda, anak hamster jauh lebih rentan membahayakan dirinya sendiri ketimbang hamster yang telah dewasa. Untuk mencegah hal tersebut, kesigapan Anda mutlak diperlukan, Jika selama ini Anda menggunakan kandang hamster dengan jeruji, maka saat hamster Anda mempunyai anak, sebaiknya ganti untuk sementara waktu jenis kandang hamster Anda. Jangan gunakan kandang dengan model jeruji sebab bisa saja anak hamster Anda terjatuh atau terjepit di antara sela jeruji tersebut. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kandang seperti akuarium yang semua dindingnya menyatu tanpa sela. Sementara itu atapnya bisa ditutupi dengan sesuatu yang padat tetapi tetap memiliki celah udara yang memadai. Penutup ini bisa dibuka kapanpun. Tapi ingat, jika Anda hendak pergi, sebaiknya ditutup agar hamster aman dari incaran predator seperti kucing atau tikus rumah.

Tips merawat anak hamster lainnya yang wajib Anda perhatikan adalah soal mainan yang ada di dalam kandang. Karena tubuhnya masih rentan, ada baiknya Anda menyingkirkan semua mainan yang berpotensi melukai misalnya jogging wheel. Anda bisa mengembalikan semua perangkat mainan tersebut saat dirasa anak hamster telah dewasa.

Perhatikan Kebutuhan Gizinya


Selain kondisi kandang, hal lain yang wajib Anda perhatikan saat mendapatkan anak hamster adalah asupan gizinya. Sama seperti anak manusia, anak hamster juga melalui fase pertumbuhan dan juga perkembangan. Kedua momen ini memerlukan sokongan nutrisi yang tepat agar perumbuhan pun perkembangannya jauh lebih baik. Ingat, hamster yang lucu, sehat dan juga aktif dimulai saat ia masih kecil. Untuk mendukung pertumbuhannya, Anda bisa memberinya makanan kaya protein. Di usia 10 hari, pastikan Anda memberi makanan yang lebih "ramah" dan mudah untuk ia konsumsi seperti wortel, brokoli, kentang rebus, buah apple, telur rebus (terutama bagian putih telur karena yaka protein) dan lain-lain. 

Sebenarnya Anda juga sudah bisa mencampur makanan segar tersebut dengan bebijian sebab anak hamster terlahir dengan gigi yang lengkap. Jadi, dengan mencampurkan makanan segar denga bebijian akan membantunya untuk belajar lebih cepat mengenali makanan. Rekomendasi terbaik adalah biji kacang hijau dan kedelai, proteinnya baik untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan hamster Anda. Semoga tips merawat anak hamster ini berguna. Selamat mencoba ya!