Jeli Memilih Makanan Hamster



Hamster digolongkan sebagai hewan pengerat. Hal ini berarti, si mungil dan lucu ini masih "sepupu" dengan tikus yang kadang membuat sebagian orang bergidik jijik. Sama seperti tikus, hamster juga termasuk hewan omniovora alias si pemakan segala. Jadi, apapun yang Anda berikan akan ia makan dengan senang hati. Tapi, tunggu dulu. Meski memang terlihat menguntungkan dan menjauhkan Anda dari kerepotan, tapi untuk hamster terbaik yang lucu, sehat dan menggemaskan, Anda tetap harus selektif memilih makanan untuknya. Sebab, ada beberapa makanan yang bisa membuat hamster Anda kegendutan dan sakit. Berikut uraian makanan hamster terbaik yang bisa Anda berikan.

Berikan Makanan Ini!

Jika Anda penggmar sinema kartun berjudul "Hamtaro", Anda pasti sangat familiar dengan lirik lagunya yakni "Apa yangpaling dia senangi...Biji bunga matahari lala". Lirik lagu ini menggambarkan kesukaan hamtaro, si hamster dalam sinema tersebut dalam menyantap biji matahari. Memang benar, hamster sangat menyukai bebijian. Dan salah satu kegemarannya adalah biji matahari. Tapi tahukah Anda, menjadikan biji bunga matahari sebagai makanan utama hamster peliharaan Anda akan membuat si hamster rawan obesitas. Hamster yang terkena obesitas akan rentan terkena penyakit. Jadi, jangan jadikan biji bunga matahari sebagai makanan utama. Batas maskimal per harinya hanya 4 sampai 6 biji saja. 

makanan hamster 

Hal lain yang perlu diperhatikan menganai biji bunga matahari adalah rasa asinnya. Jangan memberikan biji bunga matahari yang biasa dijadikan cemilan. Anda pasti tahu kuaci kan? kuaci memang cemilan nikmat dan gurih untuk manusia. Tapi, untuk hamster sebaiknya jangan! Terutama jika hamster Anda adalah jenis hamster anggora atau Syrian (long hair). Kandungan garam pada kuaci akan membuat bulunya mudah rontok! Tak mau hamster Anda terlihat kuyu karena bulunya tak sehat kan? Di pet shop, Anda bisa menemukan biji bunga matahari yang  memang ditujukan untuk hamster kesayangan Anda. Makanan hamster lainnya yang bisa Anda berikan pada peliharaan Anda adalah kacang tanah. Namun, sama seperti biji bunga matahari, pemberian kacang tanah juga harus dikontrol. Sebab kandungan lemaknya sangan tinggi. Ada baiknya Anda memberikan kuaci dan kacang tanah hanya sebagai sogokan agar hamster lebih jinak pada Anda.

Bebijian lain yang cocok dijadikan makanan hamster adalah biji kacang kedelai dan juga biji kacang hijau. kedua bebijian ini dikenal memiliki kandungan nutrisi yang kompleks bagi manusia dan tentu baik juga untuk hamster. Jadi, tidak mengapa jika diberikan setiap hari. Kedua bebijian ini juga secara tidak langsung mengasah gigi hamster yang memang akan terus menerus tumbuh. Karena itu mereka membutuhkan makanan dengan tekstur yang keras. Untuk menjamin kebutuhan energinya, Anda bisa memberikan biji beras merah atau biji gabah kepada hamster Anda juga loh!

Bebijian memang dikenal sebagai makanan utama hamster. Tapi, pada prinsipnya, hamster juga membutuhkan asupan sayuran dan juga buah-buahan. Sayur terbaik buat hamster adalah daun kol, wortel juga tauge. Sementara itu, buah yang bisa Anda berikan adalah aple, strawberry, dan lain-lain. Poin penting yang harus Anda perhatikan saat memberi sayur dan buah adalah soal kandungan pestisida. Hamster merupakan hewan yang sangat sensistif terhadap kandungan kimia. Karena itu, pastikan buah dan sayur Anda bersih secara sempurna!

 
Sebagai makanan selingan, Anda juga bisa memberi biskuit pada hamster Anda! Namun, tidak semua jenis biskuit baik untuk hamster. Pemberiannya juga harus dibatasi ya. Di pet shop sudah ada banyak biskuit hamster yang dijual. Biskuit ini biasanya sudah dicampur dengan vitamin agar jauh lebih sehat untuk si hamster. Selain biskuit, pelet hamster juga bisa Anda berikan. Cari di pet shop dan minta rekomendasi terbaik dari mereka ya!

Jangan Berikan Makanan Ini!

Meski digolongkan sebagai hewan omniovora yang bebas menyantap apapun, namun beberapa makanan tetap berbahaya bagi kesehatan hamster Anda. Komponen makanan tersebut diantaranya yang memiliki aroma yang kuat seperti bawang baik itu bawang merah atau putih juga bawang bombay. Daun bawang juga tak baik pun seledri. Aroma yang kuat pada makanan tersebut berbahaya bagi hamster Anda. Jadi jeli lah memilih makanan hamster terbaik ya!