Klasifikasi Hamster



Klasifikasi Hamster
hamster
Hamster masih "sepupu" tikus. Mereka sama-sama digolongkan sebagai hewan pengerat. Hanya saja, jika sebagian orang jijik dengan tikus, maka kebanyakan orang justru jatuh cinta pada hamster. Hal ini boleh jadi disebabkan bentuknya yang jauh lebih menarik serta wana bulunya yang variatif dan atraktif. Jika tikus banyak diburu, hamster sebaliknya. Binatang mungil ini populer ini banyak dijadikan hewan peliharaan sebab praktis dan tidak memerlukan budget berlebih. Dalam kajian ilmiah, hamster dimasukkan ke dalam subfamili cricetinae. Subfamiliini sendiri dibagi lagi ke dalam bejumlah spesies yang dikelompokkan di dalam enam atau tujuh kelompok genus. Mempelajari klasifikasi hamster sangat penting agar kita bisa mmebedakan binatang ini dari kelompk binatang lain yang secara kasat mata identik.

Tata Binomial Hamster

Dalam ilmu pengetahuan, khususnya pada tata nama mahluk hidup atau binomial, klasifikasi hamster diurutkan sebagai berikut.
  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Mamalia
  • Ordo:  Rodentia
  • Famili: Cricetidae
  • Sub Famili: Cricetinae

Klasifikasi Tingkat Genus

Sementara itu, secara mendetil, klasifikasi hamster pada tingkatan genus ke spesies yag dikutip dari situs wikipedia, adalah sebagai berikut:
  1. Genus Mesocricetus - hamster emas yang terdiri dari Hamster Suriah (Mesocricetus auratus), Juga disebut hamster emas atau hamster beruang. Hamster Turki (Mesocricetus brandti), juga disebut hamster Brandt, hamster Azerbajain. Hamster Kaukasus (Mesocricetus raddei), juga disebut hamster Georgia. Hamster Rumania (Mesocricetus newtoni).
  2. Genus Phodopus - hamster kerdil. Genus ini terdiri dari Hamster kerdil putih Rusia (Phodopus sungorus); sering disebut sebagai hamster winter white. Hamster kerdil Campbell (Phodopus campbelli). Hamster Roborovski (Phodopus roborovskii); kadang-kadang disebut hamster Mongolia.
  3. Genus Cricetus. Kelompok genus ini adalah Hamster Eropa (Cricetus cricetus).
  4. Genus Cricetulus. Jenisnya antara lain Hamster Ladak (Cricetulus alticola). Hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis termasuk "C. pseudogriseus" dan "C. obscurus"), juga disebut hamster bergaris Tiongkok. Hamster Cina (Cricetulus griseus). Hamster kerdil Kam (Cricetulus Kamnesis). Hamster ekor panjang (Cricetulus longicaudatus).  Hamster kerdil abu-abu (Cricetulus migratorius); juga disebut hamster abu-abu migrasi, hamster abu-abu, hamster Armenia, atau hamster migrasi. Hamster Sokolov (Cricetulus sokolovi).
  5. Genus Allocricetulus yang terdiri atas  Hamster Mongolia (Allocricetulus curtatus). Hamster Kazakhstan (Allocricetulus eversmanni); juga disebut hamster Eversmann.
  6. Genus Cansumys jenisnya Hamster Gansu (Cansumys canus).
  7. Genus Tscherskia contohnya Hamster Korea (Tscherskia triton).
Ada beberapa orang yang menyamakan tikus dengan binatang hamster. Padahal kedua binatang ini berasal dari subfamili yang berbeda. Berikut klasifikasi ilmiah binatang tikus yang bisa Anda bandingkan dengan klasifikasi hamster. 
tikus
  • Kingdom - Animalia
  • Phylum – Chordata (bertulang belakang)
  • Class - Mammalia
  • Order – Rodentia (hewan pengerat)
  • Family - Muridae
  • Sub Family – Murinae