Cara Tepat Merawat Bayi Hamster



Hamster tergolong binatang dengan tingkat reproduksi yang tinggi. Karenanya, jika Anda memelihara sepasang hamster jantan dan betina dalam satu kandang, jangan heran jika beberapa waktu sang betina hamil. Hamster yang hamil memerlukan perlakuan khusus sebab dalam masa tersebut mereka lebih rentan stress. Setelah melahirkan bayinya pun, ibu hamster tetap memerlukan sejumlah perlakuan yang tidak sama dengan hamster lainnya. Sebab selepas melahirkan ia mengalami beberapa perubahan perilaku seperti lebih agresif dan lain-lain. Tak hanya induk hamster, bayi yang baru dilahirkan pun memerlukan perawatan yang benar. Kalau tidak, boleh jadi Anda tak akan mendapati mereka tumbuh normal hingga menjadi hamster dewasa yang lucu. Terkait dengan cara merawat bayi hamster, ada banyak hobis yang belum memahami betul langkahnya. Sebagai akibatnya, mereka keheranan menjumpai angka bayi hamster yang mereka miliki semakin hari semakin berkurang. Tahukah Anda bahwa hamster merupakan binatang kanibal? Ia bisa menganggap hamster lainnya sebagai ancaman dan memakannya. Pola kanibalisme ini juga berlaku pada ibu hamster terhadap bayinya. Karena itu, penanganan terhadap bayi hamster yang baru lahir harus hati-hati. Berikut uraian cara tepat merawat bayi hamster.

Jangan Lakukan Kontak Apapun!

Kesalahan pertama yang dilakukan pemelihara saat mendapati bayi hamster yang baru lahir adalah menyentuhnya dengan jari. Hal ini riskan sebab bau Anda bisa menempel pada bayi hamster tersebut dan membuat ia seketika ditandai sebagai ancaman oleh induk hamster. Hamster yang menganggap bayi tersebut ancaman bisa saja meninggalkan bayi dan tidak ingin merawatnya dan bahkan bisa memakannya! Karena itu, jauh lebih baik jika Anda mendiamkan hamster dan induknya selama beberapa waktu. Pada usia dua hingga 3 minggu, mereka sudah "aman" jika ingin Anda sentuh. 

Hal lain yang penting dalam merawat bayi hamster adalah intensitas Anda memunculkan diri. Jangan sering "menganggu" sang induk dan juga anaknya. Semakin minim kehadiran Anda akan semakin baik bagi mereka. Di habitat aslinya, induk hamster menyimpan bayinya di tempat yang gelap yang nyaris tanpa gangguan. Jadi cermati kehadiran Anda sebatas dalam hal memberi makanan dan juga mengganti air di botol minuman. Penuhi tempat makanannya dan juga botol air untuk jangka waktu yang lama. Hal lain yang patut diperhatikan adalah soal kebersihan. Memang kandang yang bersih sangat baik bagi hamster. Tapi di masa 1 sampai 2 minggu setelah melahirkan, tidak usah membersihkan kandang hamster. Biarkan saja. Tunggu sampai sang induk dan juga bayi-bayinya siap menghadapi Anda.

Usia 1 Hingga 10 Hari

 

Saat lahir, bayi hamster memiliki kulit yang kemerahan nyaris tanpa bulu. Bayi ini sangat sensitif. Tapi jangan takut sebab sang induk mengerti betul apa yang harus dilakukan. Cara terbaik Anda untuk ikut merawat bayi hamster adalah dengan mendiamkannya. Bahkan sekedar menengok pun tak boleh. Di hari ke dua sampai tiga, biasanya tanda-tanda pigmentasi kulit sudah mulai terlihat. Tapi tidak semua jenis hamster menunjukkan gejala ini. Hanya hamster yang memiliki pigmen dasar coklat saja yang sudah terlihat. Pada hari kelima, bulu-bulu pada bayi hamster sudah terlihat tumbuh. Demikian pula dengan kuping yang sudah mulai tampak. Sedangkan matanya memang belum sempurna tapi sudah hampir terlihat. Pada masa ini, asupan gizi bayi hamster hanya bersumber dari air susu induknya. Namun di hari ke delapan hingga sembilan, sang induk sudah mulai mengajarkan makanan solid ke anaknya. Dan secara perlahan mengurangi asupan susu. Pada usia ke sepuluh hari, biasanya bayi (seharunya disebut anak) hamster sudah mulai menjelajah kandang dan mencari makanannya sendiri.

Hal lain yang diperlukan dalam merawat bayi hamster adalah memberi bedding yang nyaman. Jangan mengganti sebab itu akan membuat bayi dan induk sterss. Masukkan saja tissue yang sudah disobek-sobek ke dalam kandang. Sang induk akan menyusunnya dan menjadikannya alas yang nyaman bagi bayi-bayi-nya. Merawat bayi hamster cukup mudah. Intinya: Hindari Kontak Langsung. Anda baru bisa benar-benar ada saat ia berusia minimal 10 hari atau usia dua minggu.