Merawat Hamster Hamil



Merawat Hamster Hamil
Tahukah Anda bahwa hamster tergolong binatang dengan tingat reproduksi yang aktif? Jika Anda memelihara sepasang hamster jantan dan betina, bukan tidak mungkin, 3 minggu kemudian Anda sudah memiliki bayi hamster. Meski tergolong mudah hamil, bukan berarti semua orang bisa mengetahui ciri-ciri hamster hamil dan memperlakukannya sama seperti hamster dalam kondisi normal. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan para pemelihara hamster pemula. Penting untuk mengetahui ciri-ciri hamster hamil dan juga cara merawatnya. Jika Anda seorang pemula, ada baiknya cermati tips yang akan diuraikan berikut.

Mencermati Masa Kehamilan Hamster

Sebelum mengurai ciri dan juga cara merawat, ada baiknya Anda memahami masa kehamilan hamster lebih dahulu. Pada prinsipnya, masing-masing jenis hamster memiliki siklus yang berbeda. Baik itu siklus "puber" dan juga masa kehamilan. Hamster syrian misalnya, mencapai usia dewasa di usia 3 sampai 3 minggu dengan masa kehamilan antara 15 sampai 18 hari. Sedangkan hamster Roborovski, dewasa di umur  16 sampai 24 hari. Sedangkan masa kehamilannya berkisar antara 22 hari sampai 30 hari. Lain lagi dengan hamster campbell, usia siap kawinnya berkisar di angka 4 sampai 6 minggu dengan masa kehamilan 18 sampai 23 hari. Terakhir, si hamster winter white. Usia dewasanya berkisar di angka 8 sampai 10 minggu dan masa kehamilannya sekitar 18 sampai 25 hari.

Saat hamster hamil, memang cukup sulit untuk medeteksinya. Bahkan ada beberapa hobis yang baru menyadari hamster peliharaannya sedang hamil dua hari sebelum hamster tersebut melahirkan. Ingat, hamster hamil rawan sterss. Jadi, dengan mengetahui kondisi hamilnya, Anda bisa memperlakukannya lebih hati-hati. Berikut ciri-ciri hamter yang sedang dalam masa kehamilan:
  1. Konsumsi makanan juga minuman meningkat jumlahnya secara drastis dibanding sebelumnya.
  2. Terlihat kurang tertarik bermain roda putar seperti sebelumnya.
  3. Jauh lebih agresif dan "galak" dibanding sebelumnya. Bahkan pada kondisi tertentu, sang betina jadi sering menyerang si jantan.
  4. Bentuk tubuh berubah seperti buah pear, bohlam atau buah alpukat. Perhatikan bagian belakangnya, biasanya juga ikut membuncit.
  5. Puting susu terlihat lebih menonjol dari biasanya.

Merawat Hamster Yang Sedang Hamil


Jika hamster Anda hamil, ada beberapa perlakuan khusus yang Anda harus terapkan. Hal ini disebabkan, hamster betina yang sedang hamil sedang dalam masa "tidak normal". Jadi, jangan mengajaknya bercanda atau bermain. Bisa-bisa Anda kena gigitan. Lakukan beberapa tips di bawah ini agar hamster Anda nyaman dalam masa kehamilannya.
  1. Sebaiknya Anda mengganti kandang hamster Anda dengan kandang dari container. Bolongi sisinya agar udara bisa masuk dengan baik. Jika Anda enggan mengganti, pastikan Anda membersihkan kandang hamster agar ia lebih nyaman.
  2. Letakkan kandang hamster yang sedang hamil di tempat yang jarang dilalui orang-orang. Tempat yang tidak lembab tetapi juga tidak terkena matahari langsung.
  3. Pastikan Anda memisahkan hamster jantan dari hamster betina saat ia sedang hamil. Hamster hamil galak!
  4. Penuhi tempat makanannya dengan jumlah yang kira-kira cukup untuk jangka waktu yang lama. Jangan sering bolak-balik menggantinya setiap minggu atau bahkan hari. Hal tersebut akan membuat hamster stress. Selain makanna, penuhi juga air mineral di botolnya. Pastikan jumlahnya cukup di masa kehamilannya. Perhatikan juga jenis makana yang Anda berikan pada si hamster hamil. Pilih makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik.
  5. Singkirkan semua mainan di dalam kandang. Sebab, meski intensitas bermainnya berkurang, bukan berarti si hamster tidak menyentuh mainan itu sama sekali. Mainan di dalam kandang beresiko membuat hamster keguguran.
  6. Akan sangat baik lagi jika Anda membelikannya rumah-rumahan hamster agar si calon ibu bisa membangun sarang di dalamnya. Letakkan juga sobekan tissue agar si ibu bisa menggunakannya sebagai alas sarang yang nyaman.
  7. Saat hamster telah melahirkan, jangan pernah memegang anak hamster tersebut sebab induk yang membaui aroma Anda di badan anaknya akan menganggap dia ancaman. Dan hamster adalah kanibal, ia bisa memakan anaknya sendiri jika dianggap mengancam dirinya!
  8. Setelah bayi hamster berumur 2 minggu, Anda sudah bisa memperlakukannya seperti hamster normal.

Selamat merawat hamster hamil Anda ya!