Beragam Jenis Hamster Campbell



Jenis Hamster Campbell
Jenis Dove Campbell
Meski terkenal sebagai hamster yang paling "berani" dan bahkan cenderung "galak" juga suka menggigit, tetapi tak bisa dipungkiri, hamster campbell memang sangat memikat. Bulunya yang unik dan juga tingkahnya yang agresif merupakan daya tarik tersendiri bagi para hobis. Jika Anda seorang pemula dan berniat memelihara hamster campbell, sebaiknya Anda mencermati jenis hamster campbell sebab hamster yang satu ini memang dikenal memiliki jenis terbanyak. Pembagian campbell ke dalam beberapa jenis ini biasanya didasarkan pada karakteristik fisik dan juga tampilan warna bulu. Hal ini merupakan salah satu keunggulan si campbell, banyak varian tentu banyak pilihan. Nah, artikel ini akan mengurai beragam jenis hamster campbell lengkap ciri-ciri utamanya yang bisa Anda identifikasi dengan mata. Perlu diketahui, hamster campbell adalah jenis hamster yang keberadaannya mendominasi pasar hamster. Hal ini selain terkait dengan permintaan terhadap jenis ini yang selalu tinggi dan juga tak bisa lepas dari karakteristik ternaknya yang jauh lebih produktif dibanding jenis hamster lainnya.

Beragam Jenis Hamster Campbell

Dalam sistem pengelompokan binatang, hamster campbell diklasifikasikan sebagai berikut:
  • Kerajaan:     Animalia
  • Filum:     Chordata
  • Kelas:     Mammalia
  • Ordo:     Rodentia
  • Famili:     Cricetidae
  • Upafamili:     Cricetinae
  • Genus:     Phodopus
  • Spesies:     P. campbelli

Jadi nama binomial dari hamster campbell adalah Phodopus campbelli. Adapun jenis jenis hamster campbell yang paling populer dipelihara antara lain sebagai berikut:
  1. Pertama, hamster campbell normal atau biasa juga disebut dominan. Jenis ini merupakan jenis hamster campbell yang bisa dikatakan murni sebab belum tercampur garis keturunan dan genetika hamster lainnya (bukan merupakan hasil perkawinan silang).
  2. Campbell normal/dominan memiliki ciri warna coklat dan terdapat garis hitam di bagian punggung. Ciri lainnya adalah warna matanya yang hitam.
  3. Jenis hamster campbell lainnya adalah Campbell Panda. Jenis ini memiliki ciri utama warna bulu putih dengan bercak-bercak hitam. Pada bulu bagian kepala atas memiliki warna dominan hitam. Karena ciri yang menyerupai hewan panda inilah sehingga jenis campbell yang satu ini disebut hamster campbell panda. Warna mata campbell panda juga berwarna hitam sama seperti campbell normal.
  4. Jenis selanjutnya adalah Campbell blackbeer. Hamster ini memiliki warna yang dominan hitam di seluruh tubuhnya hanya saja, pada bagian lehernya terdapat lingkaran putih sehingga ia masih dibedakan dari hamster campbell corrall yang juga memiliki warna gelap di sekujur tubuhnya. Ciri lain hamster blackbeer adalah warna daun telinganya yang abu-abu gelap sertaw warna matanya yang hitam. 
  5. Hamster campbell albino. Jenis yang satu ini memiliki ciri khas yakni warnanya yang dominan putih, mata berwarna merah pekat dan daun telinga yang cenderung berwarna merah muda sampai merah. 
  6. Hamster Hamster Argente Red Eye. Jenis hamster imut yang satu ini bisa dikenali sebab memiliki warna oranye cerah dengan garis punggung berwarna coklat. Matanya berwarna merah dan daun telinganya merah muda. Sementara itu warna bulu pada perutnya cederung putih.
  7. Jenis lainnya adalah campbell argente black eye. Jenis yang satu ini memiliki warna krim pada bagian belakang yang berpadu denga  strip coklat. selain itu, bagian tersebut juga memiliki garis lengkung berwarna oranye. Bagian bawah perutnya juga memiliki warna putih dengan lapisan berwarna coklat pada bagian bawah. Adapun warna mata jenis yang ini hitam, garis punggungnya cokelat gelap dan warna daun telinganya cenderung pink. 
  8. Hamster campbell opal. Jenis ini memiliki bulu belakang dengan warna abu-abu asap atau kelabu. Terdapat strip berwarna biru pada bagian terebut, Sementara itu warna perut bawahnya putih dan terdapat lapisan abu-abu lembut. Garing punggung campbell opal berwarna abu-abu gelap dengan mata berwarna hitam. Sementara itu, warna daun telingany juga abu-abu tetapi lebih gelap.
  9. Jenis lainnya adalah campbell lilac fawn. Warna bulunya coklat dan dilapisi warna biru cenderung ab-abu. Adapun garis punggungnya berwarna abu-abu lembut. Sementara itu matanya berwarna hitam pekat dengan warna cuping telinga abu-abu.
    Varian Hamster Campbell
  10. Lain lagi dengan jenis campbell blue fawn. Jenis ini memiliki warna krim tua yang berpadu dengan warna biru. Sementara itu warna perutnya cenderung biru keabu-abuan. Adapun warna matanya yakni merah pekat dengan cuping telinga pink.
  11. Jenis lainnya adalah black eye lilac. Jenis ini memiliki warna bulu ungu keabu-abuan. waranya cenderung lembut. Sementara itu, warna matanya hitam dan cuping telinganya abu-abu. 
  12. Red eye lilac merupakan jenis hamster campbell yang memiliki warna bulu ungu keabu-abuan yang cenderung lembut. Matanya berwarna merah dan daun telinganya cenderung pin atau merah muda. Jenis yang ini agak susah dibedakan dengan hamster campbell dove. Titik perbedannya memang hanya pada warna dove yang jauh lebih terang ketimbang lilac.
  13. Jenis selanjutnya adalah bandit campbell. Hamster yang satu ini memiliki warna hotam putih dan terdapat lingkaran warna putih di lehernya. Sifatnya lincah dan juga jinak.
  14. Mottled campbell. Ciri fisiknya hampir sama denga  campbell panda. Hanya saja jenis yang satu ini memiliki segitiga di atas kepalanya. Sifatnya lincah juga jinak. Ukurannya termasuk mini.
  15. Jenis hamster campbell lainnya adalah Champagne. Hamster ini memiliki warna krim yang terang.Matanya berwarna merah dan cuping telinga cenderung pink.
    Jenis campbell blue beige memiliki warna krim sedikit kebiruan. Sementara itu lapisan perutnya memiliki warna abu-abu. Matanya merah dan cuping telinga cenderung abu-abu pula.
  16. Jenis selanjutnya adalah campbell beige. Jenis ini memiliki warna krim muda yang agak kekuningan. Sementara itu garis punggungnya berwana coklat dan daun telingan lebih ke abu-abu.
  17. Jenis lainnya adalah campbell dove. Warnanya gelap merpati atau abu-abu kecoklatan. Matanya berwarna merah dengan daun telinga pink. Dove agak mirip dengan lilac, hanya saja warna dove jauh lebih terang sementara lilac lebih terang.
  18. Jenis hamster campbell terakhir adalah campbell chocolate. Warnanya tentu coklat cenderung gelap dengan telinga abu-abu dan mata berwarna hitam.


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Hamster_kerdil_Campbell